Minat Belajar Siswa
Minat Belajar Siswa

Cara Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa – Bagaimana cara meningkatkan minat belajar siswa? Ini adalah suatu tantangan bagi pendidik untuk dapat merangsang siswa agar tertarik pada materi atau subjek yang akan di pelajari. Cara meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan akan tetapi jika hal ini berhasil diaplikasikan maka akan memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap prestasi belajar siswa. Motivasi belajar siswa adalah hal penting dan utama ketika ingin meningkatkan prestasi belajar siswa. Tanpa motivasi belajar dari dalam diri siswa maka hasil belajar pun tidak akan maksimal sekalipun menggunakan buku pelajaran yang mahal, teknik mengajar guru yang baik, dll.

Motivasi merupakan kunci utama kesuksesan siswa dalam pelajaran dan guru merupakan aktor utama dalam memberikan semangat serta motivasi kepada siswanya. Dalam memotivasi siswa agar giat belajar dibutuhkan banyak waktu serta usaha sehingga antusias siswa dalam belajar menjadi meningkat. Guru baru maupun yang sudah berpengalaman membutuhkan cara serta ide untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Siswa biasanya unggul disalah satu mata pelajaran dan tidak semua mata pelajaran mampu di kuasai. Umumnya siswa malas belajar karena faktor lingkungan misalnya faktor pergaulan dan perhatian dari orang tua sangat minim.

cara-meningkatkan-minat-belajar

Cara untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa :

  • Periksalah Kondisi Jasmani Siswa

Siswa yang sering mengalami gangguan kesehatan dapat menjadi penyebab kurangnya minat siswa dalam belajar. Kesehatan sangat penting untuk menentukan hasil belajar siswa.

  • Gunakan Metode dan Kegiatan yang Beragam

Melakukan kegiatan belajar dengan metode yang sama secara terus menerus akan membuat siswa bosan dan dapat menurunkan semangat belajar. Siswa yang bosan pada saat belajar akan terganggu proses belajarnya. Variasi pada saat mengajar akan membuat siswa tetap konsentrasi dan termotivasi.

  • Ciptakan Lingkungan Kelas Bebas Ancaman

Ada beberapa guru yang sangat menekankan sebuah konsekuensi apabila ada siswa yang melanggar aturan, guru tersebut terus saja mengingat dan membahas kesalahan siswa di setiap pertemuan. Hal ini akan memberikan dampak negatif, hubungan guru dan siswa tidak akan harmonis. Guru sebaiknya memberikan motivasi dengan memberikan kepercayaan kepada siswa yang melanggar peraturan dari pada terus mengungkit/membahas kesalahan siswa.

  • Tawarkan Hadiah

Semua orang pasti akan senang jika diberi hadiah, begitu pun siswa. Menawarkan hadiah kepada siswa yang berhasil melakukan sesuatu merupakan salah satu cara jitu untuk meningkatkan motivasi belajar. Siswa akan berlomba lomba untuk menjadi yang terbaik di kelas, ini merupakan persaingan dalam hal positif di sekolah.

  • Ubah Suasana Belajar

Belajar tidak harus selalu dilakukan di kelas, bisa saja dilakukan diluar kelas seperti di taman. Suasana belajar yang baru dapat meningkatkan minat belajar pada siswa. Siswa akan lebih tertarik untuk mempelajari suatu materi apabila belajar diluar kelas.

  • Jadikan Siswa Peserta Aktif

Pada usia sekolah sebaiknya diisi dengan melakukan berbagai macam kegiatan, berkreasi, mendesain, menulis, berpetualang, menciptakan sesuatu dan menyelesaikan suatu masalah. Gunakan metode belajar yang aktif dengan melibatkan peserta didik dalam setiap proses belajar mengajar, misal memberikan tugas berupa simulasi penyelesaian suatu masalah untuk menumbuhkan motivasi dalam belajar.

Menumbuhkan minat dan motivasi belajar sangatlah penting dilakukan oleh guru. Namun, tidak semua guru dapat melakukannya bahkan oleh guru senior sekalipun. Lain hal nya dengan guru-guru Al Ma’soem Islamic Boarding School, guru yang mengajar disana telah mendapatkan pelatihan bagaimana cara mengajar dengan strategi yang menyenangkan dan dapat memotivasi siswa. Guru yang mengajar di Al Ma’soem Islamic Boarding School merupakan tenaga pendidik profesional.

Website : http://almasoem.sch.id/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s